Sabtu, 09 Desember 2017

9 Mukjizat Nabi Musa As

9 Mukjizat Nabi Musa As - Nabi Musa adalah Nabi yang diutus Allah Swt bagi kaum Fir’aun (Q.S Al A’raaf: 103). Dalam kisah para nabi disebutkan bahwa Nabi Musa AS memiliki mu’jizat tongkat, tetapi pada kisahnya dalam Al Qur’an sebenarnya Nabi Musa AS memiliki mu’jizat yang lain.


Dalam mengajak umat fir’aun beriman kepada Allah SWT, Nabi Musa AS dianugerahi Allah SWT beberapa mu’jizat antara lain:

1. Tongkat yang bisa berubah jadi ular 

Nabi Musa AS datang ke kaum fir’aun mengajarkan ketauhidan, fir’aun yang tidak percaya bahwa Nabi Musa AS adalah utusan Allah meminta bukti. Pemuka Fir’aun pun mengusulkan agar diadakan adu kekuatan dengan penyihir, dengan izin Allah SWT tongkat Nabi Musa AS berubah menjadi ular besar dan mampu mengalahkan tipu daya para penyihir dan para penyihir pun akhirnya mengakui Nabi Musa AS sebagai utusan Allah SWT dan beriman

2. Tangan yang berubah putih bercahaya

Nabi Musa AS juga mengeluarkan tangannya dari jubahnya dan tangan beliau bercahaya tapi kaum fira’un tak begitu saja percaya dan menganggap Nabi Musa AS penyihir.

3. Topan 

Kaum Fir’aun yang masih membangkang dihukum Allah SWT dengan bencana kemarau, mereka pun memohon kepada Nabi Musa AS agar mereka tidak ditimpa kesusahan dan berjanji akan beriman, lalu Nabi Musa AS mendoakan mereka.

Allah SWT mengabulkan doa Nabi Musa AS dan kemarau pun berhenti. Namun bukannya beriman mereka malah sombong dan berkata bahwa nikmat yang mereka dapat adalah hasil usaha mereka sendiri.

karena kesombongan mereka Allah SWT mengazab mereka lagi dengan mendatangkan topan yang merusak tanaman mereka. Lagi-lagi mereka meminta pertolongan Nabi Musa AS lalu tanaman topan pun reda dan tanaman mereka tumbuh bagus dan berbuah.

4. Belalang 

Kaum Fir’aun mendapatkan pertolongan malah tetap sombong dan kafir sehingga didatangkanlah belalang yang merusak tanaman mereka, mereka pun meminta pertolongan lagi kepada Nabi Musa AS dan hama pun hilang.

5. Kutu 

Belum kapok kaum Fir’aun kembali sombong lalu datanglah hama kutu yang menyerang lumbung mereka yang memakan persediaan makanan mereka, mereka untuk ke sekian kalinya meminta pertolongan Nabi Musa AS dan kutu-kutu itu hilang.

6. Katak 

Tak sampai disitu, kaum Fir’aun yang kembali kafir diberi hukuman lagi dengan katak yang masuk ke persediaan air mereka sehingga air mereka tak dapat diminum, mereka meminta pertolongan Nabi Musa AS dan berjanji akan beriman,katak-katak pun pergi.

7. Darah 

Lagi-lagi mereka kafir dan dihukum lagi dengan air yang berubah jadi darah, kaum Fir’aun tak dapat meminum air yang berubah menjadi darah yang berbau busuk itu. Dan lagi-lagi meminta pertolongan Nabi Musa AS.

8. Membelah lautan 

Nabi Musa AS dan pengikutnya yang beriman akhirnya pergi dari negeri Fir’aun, saat dikejar Fir’aun dan sampai ke laut Merah, Nabi Musa AS diberi mukjizat oleh Allah SWT mampu membelah lautan, dan saat Fir’aun dan pengikutnya mengikuti Nabi Musa AS, laut pun kembali menyatu, Fir’aun dan pengikutnya tenggelam.

9. lidah 

Mukjizat lidah diberikan oleh Allah SWT saat terjadi pembunuhan, Nabi Musa AS diminta pertolongan untuk mencari siapa pelakunya, dan Allah SWT berfirman kepada Nabi Musa AS untuk menyembelih lembu dan memotong lidahnya, dengan izin Allah SWT mayat itu hidup kembali dan menceritakan siapa pelakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar